Kamis, 13 November 2014

Perlu latihan untuk dapat speak english

Main Berpasangan, Cara Asik Belajar Speaking

Salah satu Kompetensi Dasar (KD) pembelajaran bahasa Inggris menuntut terselenggaranya peningkatan ketrampilan berbicara (speaking). Repotnya, jarang sekali tersedia metode pelatihan speaking yang mudah, menyenangkan dan meringankan tugas guru.
Lebih dari 25 tahun berkecimpung dalam bidang pendidikan bahasa Inggris, saya berpendapat bahwa melatih ketrampilan speaking untuk siswa butuh kiat, metode dan inovasi tertentu. Yang saya maksudkan dengan ketrampilan speaking di sini adalah ‘kemampuan siswa menggunakan fungsi-fungsi bahasa Inggris untuk keperluan berkomunikasi’
Ada beberapa cara yang bisa dijalankan oleh guru untuk melatih siswa bercakap. Cara tersebut antara lain adalah : latihan berpasangan (pair work) , latihan dalam kelompok (group work) , dan latihan sekelas (class work). Masing-masing jenis latihan ini punya keunggulan tersendiri. Kali ini, izinkan saya berbagi cara melatih ketrampilan berbicara dengan latihan berpasangan, yang saya mudahkan dengan istilah ‘main berpasangan’.

ASPEK MAIN BERPASANGAN
Bahasa ucap menyangkut aspek tanya dan jawab; artinya si pembicara harus cakap bertanya dan cakap pula menjawab dengan tuturan, pelafalan dan intonasi yang benar. Bahan-bahan tindakan kelas untuk kegiatan ini dengan demikian harus dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan terjadinya proses tanya dan jawab dalam atmosfir wajar. Maksudnya, orang bertanya karena ia ingin tahu jawabannya, dan orang lain menjawab karena ia tahu jawabannya. Itulah sebabnya, bahan-bahan ajar selalu saya siapkan dengan Course File (bahan ajar) untuk Siswa A dan Course File untuk Siswa B. Mari kita mulai dengan contoh berikut :
CONTOH 1 : Tanya-jawab tentang ‘telling the times’
Setiap kali saya memberikan pelatihan Creative Teaching dan Joyful Learning kepada guru-guru, tak banyak guru yang tahu bagaimana cara melatih siswa agar terbiasa menanyakan What time is it? serta variasi jawabannya. Jadi, setelah menjelaskan pelajaran tentang jam, guru hanya bisa melatih siswa dengan membawa peraga jam di depan kelas dan menanya siswa satu persatu.
Dengan perangkat main berpasangan (Student A dan Student B), latihan bisa jadi asyik.

sumber https://inggrisituasik.wordpress.com/2012/04/28/main-berpasangan-cara-asik-belajar-speaking/#more-71

Tidak ada komentar:

Posting Komentar